This Ant

Aku semut kecil yang selalu membuntuti kakimu.


Ayolah, kau harus melihat jeli. Setiap kata yang kukirim, menandakan aku ingin jauh lebih dekat dari yang kau bayangkan. Apa susahnya melihatku? Aku semut kecil yang selalu membuntuti kakimu. Kau juga tak pernah menginjakku, kau rela menunduk hanya untuk tersenyum dan membuat sekujur tubuhku bergetar. Tapi kau bahkan tak pernah mengartikan setiap gerak-gerikku.

Bila aku menyadari kau memiliki banyak teman yang tak ingin kuketahui, aku cemburu. Mungkin mereka mendapatkan senyummu yang lebih cerah ketimbang senyum yang kau berikan padaku. Bila kau hanya sedang melihat sekilas padaku, aku jengkel. Apa yang kurang dariku? Kau tak pernah menganggap kita lebih dari ikatan menyebalkan bernama teman.

Aku tahu ada perbedaan fatal dalam diri kita. Tapi kau dengan mereka juga berbeda. Jadi apa bedanya dengan aku? Apa karena kita jarang bertatap wajah? Menyebalkan, mengapa aku bukanlah orang yang selalu bersamamu dari pagi sampai hampir sore? Mengapa hanya aku yang selalu berharap dapat melihatmu, mencarimu dari sudut tempatku berdiri, dan berlagak seperti tak ada apa-apa ketika mataku berhasil menangkap sosokmu. Menyebalkan! Kau menyebalkan! Perasaanku menyebalkan! Semuanya menyebalkan!

Dan ketika chatroom hanya berisi ruang hampa dengan kicauan tak penting dariku yang hanya kau balas dengan satu atau dua kata tak mendukung, aku kecewa. Mungkin aku adalah orang yang salah mengartikan dirimu, atau orang yang berlebihan mengartikan perhatianmu. Aku kecewa, bukan padamu, tapi pada diriku sendiri. Aku merasa bodoh. Seperti kesalahanku di masa lalu, aku tidak bisa melihat realita.

Kau senior yang tak pernah menganggapku sebagai junior, ada saatnya aku lelah dan kau tak akan peduli. Ada saatnya aku bosan dan kau tak akan mengerti. Dan ada saatnya aku mundur perlahan, tanpa kau sadari, suatu hari aku bukanlah lagi semut kecil yang membuntuti kakimu atau mengharap senyumanmu.

Leave a Reply

