Lose

Ketika pandangan kagumku tak lagi tersorot pada wajahmu, atau pandangan kecewaku yang mendominasi, itu tandanya aku kalah.


Aku kalah, kalah dalam permainan benci dan pertemanan semu. Aku kalah, kalah dalam mengontrol setiap cemburu yang meletup-letup. Rasanya ada dua aku, satu yang menyukaimu apa adanya, satu yang ingin melenyapkanmu jauh dari hari-hariku.

Dengan segala firasat buruk, aku akan mengatakan kau tidaklah menyukaiku. Kau menahan perutmu yang mual di dekatku, atau matamu yang sakit melihatku. Lihat, bagaimana kekalahanku? Bahkan aku menjelek-jelekkan diriku sendiri tanpa siapapun menyuruh. Aku mengalahkan diriku sendiri, berkata akulah seseorang dengan banyak kesalahan. Dan kesalahan terberatku, tidak bisa membuatmu memandangku sebagai sesuatu yang indah.

Aku lelah merasa bersalah, lelah merasa rendah dan tak pantas. Kumohon jangan datang padaku, atau aku akan menjumpai banyak hari-hari penuh tangis. Kumohon jangan datang padaku, jika niatmu hanya singgah dan minum kopi, berbincang sejenak lalu pergi.

Apa kau tahu? Kepergianmu membawa banyak firasat buruk.

Apa aku tidak cukup baik?
Apa perkataanku salah?
Apa aku menjengkelkan?
Apa aku berlebihan?

Ya, apa aku berlebihan dan memuakkan?

Leave a Reply

